Tips Liburan Keluarga Aman dan Nyaman Dengan Mobil Pribadi

liburan-keluarga-dengan-mobil

Liburan bersama keluarga merupakan hal yang menyenangkan, apalagi jika tujuan wisata sangatlah menarik. Mobil pribadi menjadi salah satu sarana transportasi untuk liburan tersebut. Banyak kentungan jika menggunakan kendaraan sendiri dibandingkan menggunakan transportasi umum, baik dari segi biaya dan kenyamanan.

Dengan mobil pribadi kita bisa menikmati sepanjang perjalanan untuk menuju ke tempat rekreasi. Akan tetapi perlu diketahui hal-hal berikut saat liburan wisata agar perjalanan dengan mobil dapat berjalan aman dan nyaman.

Cek kondisi kendaraan sebelum berangkat

Sebelum berangkat jalan-jalan, jangan sepelekan kondisi kendaraan. Sangat penting melakukan pengecekan kendaraan, terlebih lagi bila jarak yang akan ditempuh cukup jauh. Periksa bagian mobil yang penting seperti rem, tekanan ban, air radiator, aki juga kondisi lampu-lampu. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan kendaraan seperti dongkrak, ban serep, peralatan teknis serta jangan sampai ketinggalan, surat kelengkapan kendaraan. Hal ini penting untuk keamanan dan kenyamanan seluruh anggota keluarga selama perjalanan.

Membawa makanan, minuman dan obat-obatan

Jika perjalanan liburan bersama keluarga memerlukan waktu tempuh yang cukup lama sediakan makanan dan minuman secukupnya. Hal in untuk menjaga kondisi tetap prima serta menghindari kemungkinan tidak menemukan penjual makanan atau minuman di sepanjang jalan. Perhatikan pula kesediaan air putih, jika sulit menemukan selama di perjalanan. Namun, jangan berlebihan dalam membawa makanan atau minuman karena saat ini banyak ditemui minimarket atau warung sepanjang perjalanan. Dengan demikian, beban bawaan tidak bertambah banyak yang mungkin dapat mengganggu kenyamanan perjalanan liburan. Jangan lupa membawa juga Kotak P3K berisi beberapa obat standar seperti obat demam, pusing, sakit perut serta obat luka luar dan plester sebaiknya dibawa.

Persiapan fisik dan mental

Meskipun liburan ingin menyegarkan kondisi fisik dan emosi, namun kondisi fisik yang benar-benar tidak fit sebaiknya jangan melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi. Untuk itu persiapkan fisik yang fit dan sehat sangat penting agar dapat menikmati perjalanan dengan nyaman.

Istirahat 2-3 jam sekali

Istirahat yang cukup sebelum melakukan perjalanan, terlebih untuk pengemudi, kondisi fisik dapat mempengaruhi keselamatan seluruh penumpang kendaraan. Selain itu jangan memaksa meneruskan perjalanan jika fisik lelah atau mengantuk, sebaiknya segera istirahat karena ini perjalanan santai. Ata bergantian menyetir jika ada yang bisa.

One thought on “Tips Liburan Keluarga Aman dan Nyaman Dengan Mobil Pribadi

  1. Pingback: RajaPremi - Your Way, We Protect

Leave a comment